Semoga rangkaian nasihat panjang ini, dengan izin Allah akan menjadi peneduh hatimu yang gundah, perekat hati yang patah, mengubah dan mengarahkanmu menjadi pribadi yang siap menjemput kebahagiaan dengan prosa indah Al Islam dalam kesederhanaan dan indahnya Mahabatullah!

Adikku✿ܓcerita cinta sederhana yang menyapamu akan mampu menerbangkanmu, menerangi keseluruhan langit dihatimu, sesaat seperti indah. Kadang memang, satu nama yang menghiasi fikiran kita begitu mudah memalingkan hampir keseluruhan hidup ini. Hingga perpisahan tiba, kenyataan mematahkan harapan, merasa gagal dan tak berguna,..

Disana adalah sebuah masa, dimana kita harus menyadari kembali.
Menunduklah.. renungkanlah sekali lagi, apa sebenarnya tujuan kita dibangunkan Allah azza wajala tadi pagi dan ribuan pagi sebelumnya?

Adikku✿ܓ Ada energi besar dalam kekecewaan
Jangan memendam kekecewaan terlalu lama, segera cairkan kekecewaan dengan maaf lalu arahkanlah..
Hanya orang yang cerdas yang bisa mengalirkan gas yang bergejolak dari sebuah tabung menjadi hal yang bermanfaat, alirkanlah kekecewaan yang bergejolak didadamu, jangan terus dipendam hingga ia meledak.

Seperti itulah kekecewaan,
Kita pun bisa mengalirkan kekecewaan mendalam kedalam karya karya berkualitas..
Orang bahagia adalah bukan mereka yang tidak pernah kecewa, tapi mereka yang mampu memaafkan dan melepaskan kekecewaan itu kemudian berdiri mengendalikannya.

Hal yang sering tidak kita sadari
Dan membuat kita jatuh dan merasa tidak berguna adalah ..
Ketika kita lupa menyayangi hati dan diri sendiri, kemudian terus menerus menyalahkannya.
Padahal semua dari kita tahu, bahwa semua orang tidak ada yang sempurna dan masing masing mereka sibuk memikirkan kekurangannya.

Jika dirimu tidak bisa melupakan orang yang kamu cintai itu adalah wajar, alasannya karena dirimu terlalu sering melihat kebelakang, coba lihat kedepan; lihat 40 tahun kedepan, mungkin dia telah berubah menjadi nenek nenek atau kakek kakek yang mungkin juga sudah dikubur atau mungkin kamu yang dikubur duluan ^_^

Adikku✿ܓtetap berbahagialah dengan kesendirianmu.
Jangan ‘kesendirian’ membuatmu khawatir tentang apa yang difikirkan orang lain tentangmu. Segera perbaharui lagi niatmu dan katakanlah; “kesendirianku ini adalah cerminan ketangguhan..dan kemenanganku dalam menghindari hal hal yang di inginkan”

Agar kamu bahagia dalam kesendirian sebelum pilihan Allah menemuimu.

Biarkan dia, mereka atau siapapun..
berfikir tentangmu, tentang Apapun. Itu tidak akan mengurangi atau mencuri kebahagiaanmu sedikitpun selama hatimu tidak tergoyahkan.

Kita tidak bertanggungjawab atas apa yg orang pikirkan tentang kita, tapi kita bertanggungjawab atas apa yang telah kita lakukan sehingga mereka ‘berfikir’ tentang kita.

Tidak usah menyesali hal hal yang tidak berharga;
Kita bisa membayangkan dengan mudah penyesalan penghuni Neraka, tapi tahukah bahwa Rasulullah saw memberitakan bahwa penghuni syurgapun ada yang menyesal ^_^

Rasulullah saw bersabda;
“Tiada sesuatu yang disesali oleh penghuni surga kecuali satu jam yang mereka lewatkan (di dunia) tanpa mereka gunakan untuk berzikir kepada Allah Azza wajalla”. (HR. Ad-Dailami)

Sesungguhnya, cahaya yang kita butuhkan itu sedikit, porsi cinta yang terlalu banyak akan membakar dan membutakanmu.

Adikku✿ܓcerdaslah menyikapi masalalu.
Tarik nafas dan regangkanlah syaraf syaraf obsesimu tentang esok hari yang belum tentu kamu lalui. Kendalikan dan arahkan serta tata ulang hatimu, siapkan stock sabar, dan sempurnakan dengan Ikhlas.

Sebenarnya Tuhanmu telah menyediakan obat yg cocok disegala situasi dan kondisi, hanya obat ini sangat berharga jadi disediakan bagi mereka yang berfikir saja; IKHLAS adalah obat yang sangat tepat bagi semua macam bentuk penyakit yang mengguncang tubuh maupun jiwa termasuk kegagalan dan segala bentuk kekecewaan, BAHKAN KEMATIAN.

Ikhlas adalah obat dari segala obat, yang akan meredam semua kegelisahan dari berbagai situasi kegagalan atas obsesi obsesi yang tidak atau belum terwujud.

Bayangkan sebuah suasana, ketika kita diberi maaf oleh seseorang setelah tahu kita begitu bersalah. Disana kita begitu berbahagia dianugerahi maaf. Dalam seni memaafkan, kita juga harus berani ‘memberi kebahagiaan’ kepada saudara atau yang memusuhi kita dengan kata ‘maaf’. Karena Islam mengajarkan maaf yang sempurna.

Maka maafkanlah, relakanlah.. Ikhlaskanlah!
Ingatlah, jika hati kita sehat, prasangka kita juga sehat, jiwa kamu juga sehat.. Jika kita mulai iri, curiga, apalagi ber-prasangka saat itu hati kita lagi ga sehat, artinya jiwamu juga tidak sehat.. alias sakit.

Sedahsyat apapun, badai kegelisahan yang datang pasti akan kembali; kembali kelautan.

Ketahuilah, Gelombang ujian akan selalu datang..
Jangan menghabiskan energi untuk menghindar atau melawannya, sikapi dengan tenang dan cerdas! Bangkit dan berselancarlah bersama gelombang itu. Berselancarlah bersama deru derunya, dan temukan keindahannya…

Buktikanlah bahwa pilihan Allah tidak akan pernah merugikanmu.

Cinta sejati adalah Cinta yg senantiasa bersahutan, berderu deru dalam gemuruh ombak, beriak digelisah lautan, diam dalam ketenangan ikan ikan, indah dalam kesedihan, nikmat dalam kekecewaan dan tidak mati dengan kematian. Cinta yang akan tetap indah, meski terbagi miliyaran angka tak terbatas semesta..

Itulah mahabbatullah,
Arahkan cinta kita untuk meraih Cinta-Nya.
Agar Tuhanmu Ridha kepadamu..

Bayangkan ketika kekasihmu ridha kepadamu..
Kekasihmu tentu akan memberi hampir semua hal yang dirimu inginkan, dan dia akan melakukannya dengan senang ketika ia mampu melakukannya. Apa yang akan terjadi jika Tuhanmu ridho kepadamu, sedangkan Dia mampu memberi apapun bahkan hal yg tidak mungkin bagi logikamu?

Saat Tuhanmu Ridha-lah, disana kamu Sukses!

Jangan pernah menyesali apa yang telah terjadi, tentang apa apa yang telah kita pilih dan kita lakukan di semua masalalu kita. Yakinkanlah bahwa dirimu telah melakukan hal terbaik yang mengantarkan kita kepada hari ini -dan berakhir indah dengan cerita yang saat ini kau genggam.

Kadang mimpi kita kepada kebahagiaan besar yang kita rencanakan, membuat kita melupakan kebagagiaan kebahagiaan kecil disekitar kita. Manusia sering lupa untuk berterimakasih kepada matahari yang ikhlas menyinari setiap jalanan yg kita lewati seharian

Adikku✿ܓkehidupan itu sederhana.
Seseorang tiba tiba saja datang dikehidupan kita menyatu dalam jiwa, mengubah arah penglihatan kita bercerita berencana dan seterusnya…hingga waktu semakin tidak kita mengerti, dan akhirnya dia pergi. lalu kemudian sosok lain datang menggantikannya

Akan kau temui, sebuah sosok yang dengan sederhana muncul sesaat dan terlibat dalam hidup kita, kemudian kisahnya membekas untuk selamanya.

Sederhana.
Seperti itulah kehidupan,
Keseluruhannya adalah pelajaran, kesemuanya fatamorgana, penuh dinamika dan berubah ubah mengikuti desiran waktu yang beriak.

Kadang kita merasa disakiti, kadang kita menyakiti.
Adikku. Ingat lagi, bahwa perhitungan Allah tidak akan merugikanmu..
Hati itu pun akan diadili, dengan sebaik baiknya pengadilan. Dimana Allah sebagai Hakim Nya,

Adikku✿ܓKebahagiaan itu sederhana,
Lepaskanlah sumbat sumbat emosi yang mengikat jiwamu atas kemarin yang telah kamu lewati, meski kita semua tahu bahwa kita terlahir dari masalalu dan dipengaruhinya. Jadikan itu cerita indah agar kamu tidak terjerumus di lobang yang sama.

Adikku✿ܓKebahagiaan itu dihatimu.
Jika niatmu indah, jalanan yang kamu lalui akan indah – meski hasilnya belum tentu indah – setuju atau tidak itu tak penting, tapi percayalah, niat yang kurang indah hasilnya tak akan pernah indah karena kebahagiaan itu dihatimu.

Penderitaan hatimu adalah hanya kesalahan perspectivemu sendiri dalam memandang dunia ini, kamu terbuai dalam mimpi mimpi keindahan yang belum diraih lalu melupakan kebahagian kebahagiaan sederhana disekitarmu. Kamu terus lalai dan terbuai dengan obsesi duniawi, padahal dunia ini akan ditinggalkan..

Sering kita mengira kebahagiaan akan terlahir saat kita terlepas dari ujian yang saat ini mengguncang kehidupan kita, hingga kita terjebak dan terus menunggu gelombang itu hilang, semantara badai tak kunjung reda, silih berganti menekan logika menerpa jiwa dan menggetarkan kokohnya keimanan, hampir saja manusia berkata “lelah… apakah ini taqdir?

Ketahuilah bahwa Allah tidak melihat hasil,
tapi kesungguhanmu dalam menerjemahkan ketenangan ikan ikan dibalik gelisahnya lautan.

Terkadang niat baik tidak selamanya bersahutan dengan kebaikan, ketika kemudian perbuatan baik kita bertabrakan dengan idealisme yang bertolak belakang – disanalah – saatnya kita mengokohkan kembali niat yg menyelinap dan bertahta dihati kita.

Adikku✿ܓHidup itu indah..
Ketika kita mengatakan hidup ini sulit, secara tidak kita sadari kita telah mengintruksikan kepada pemikiran bawah sadar kita bahwa hidup itu sulit, sehingga pikiran kita sempit, selalu negatif, lupa bersyukur dan segala sesuatunya kemudian benar benar menjadi sulit karena dari awal kita sudah pesimis.

Ketika kita mengatakan hidup ini Indah..
Secara tidak langsung kita telah mengatakan kepada pikiran bawah sadar kita bahwasannya hidup ini penuh dengan keindahan.. dan kita berada dalam suatu zona tenang, mempermudah situasi, berfikir jernih dan selalu mempelajari setiap kejadian dari sisi baiknya sehingga kita selalu berprasangka baik dan hidup penuh syukur yang kemudian melahirkan hari hari yang indah dengan sendirinya.

BELAJARLAH DARI KUPU KUPU✿ܓ
Lihatlah, mereka tidak mengeluh atas hidupnya yang sebentar, tapi dalam hidupnya yang begitu singkat dia telah menebarkan keindahan dan membuat orang yang melihatnya senang,. ^_^

Kesenangan buat kita, untuk manusia yang memahami.
Karena semua Mahluk yang Allah ciptakan itu telah sempurna, untuk menyempurnakan keindahan hati kita, agar kita bersyukur.

Seakan kupu kupu ingin menyampaikan pesan;
“Berhentilah menyesal, wahai manusia… jangan terlarut dalam penyesalan. karena kita dihidupkan Hari ini bukan Untuk disesali, tapi dijalani dan disyukuri. Agar kamu Bahagia lebih lama lagi, hingga menemui kebahagiaan yang abadi. Nanti,”

BELAJARLAH DARI HIDUP LEBAH✿ܓ
Belajarlah dari lebah yg hidupnya baik, bermain dan bekerja ditempat yang baik baik dan menghasilkan sesuatu yang baik baik, bahkan namanya diabadikan Allah Ta’ala dalam Al Qur’anulkariim -kebaikan hidupnya yang singkat bisa kita jadikan bahan tafakur pagi ini.

Lihat saja si lebah kecil itu,
Mereka kecil tapi tidak diam saat musuh mengganggu anak anaknya yang sangat mereka sayangi, lebah yg indah berubah menjadi pemberani dan diperhitungkan bahkan sama manusia dan teman temannya.

Atas kekuasaan Allah, mereka mampu membuat rumah yang juga bermanfaat bagi manusia; sarang madu, dia ambil madu dari bunga bungaan…bunga yg ia hinggapi juga tidak merasa rugi bahkan terbantu proses penyerbukannya agar si serbuk sarinya menjadi buah.

BELAJARLAH DARI PADI✿ܓ
Padi bisa berdiri kokoh di atas lumpur basah karena saling berpegangan sama saudaranya, hidup rukun dan saling menguatkan.. mereka juga hidup hanya sebentar, tapi dari waktu yang singkat itu mereka bisa membuat manfaat yang begitu besar bagi kehidupan manusia dan mahluk lain disekitarnya.

Dalam hidupnya yag singkat juga terdapat pelajaran yang indah,
Lihat saja; padi yang mulai berisi dia menunduk, sama sekali tidak takabur, dia semakin menunduk dari hari kehari mempersiapkan dirinya hingga dia benar benar matang untuk kemudian di ambil petani sebagai makanan, sebagiannya disemai kembali. Jikapun ada salah satu padi itu yang berdiri congkak, itu juga pelajaran, laksana manusia yang kosong tidak berilmu.

BELAJARLAH DARI KOMPUTER DIHADAPANMU✿ܓ
Perhatikanlah, begitu cerdasnya komputer. Saat diperintah dia langsung laksanakan dalam 0,00 sekian detik. Normalnya Begitu. Tapi ada kalanya, saat tidak normal, dia suka mals saat diperintah; lemotszz dan lola..

Jadi manusia yang diperintah Tuhannya, lalu malas juga tidak normal.
Malah sibuk ngurusin patahati ^_^

Jika hatimu terasa pedih atas sesuatu yang tidak dimengerti.
Jangan diam, bangkitlah segera. Format ulang partisi partisi hati yang membingungkan itu, simpanlah data prosa prosa itu sebagai kenangan saja dan simpan semua files backup-nya di folder masalalu.

Adikku✿ܓHari ini milikmu; maka Berbahagialah!
Saat terbangun dipagi hari, tanamkan keyakinan dihatimu bahwa tepat dhari itu kamu telah terlahir kembali karena Allah telah mempercayaimu untuk kembali hidup dihari ini agar kita mempersiapkan diri untuk bekal di Akhirat. Bukan untuk menyesali hari kemarin, atau mengawali penderitaan masa depan.

Kita terlahir lagi dalam satu kesempatan waktu yang sama untuk memperbaiki diri dari masalalu, mencari bekal sebanyak banyaknya bekal, karena Akhirat itu Abadi dan tiada Akhir. Jangan awali pagimu dengan mengeluh ^_^

Yakinkan sekali lagi bahwa Allah telah mempercayaimu. Yakinkan, agar bibirmu bergetar dan melantunkan syukur. Hari ini milikmu. Milik Kita semua, mungkin Allah tidak pernah menciptakan kesedihan dihatimu, itu hanya kesalahan penerjemahan perspective mu.

Bahagialah dalam Islam-mu✿ܓ
Islam tidak sekedar bahasa halal haram atau retorika syurga dan neraka, iSlam adalah seni – jalanan indah nan sempurna menuju Cinta Tuhanmu, Cinta yang terlahir karena pemahaman bukan Cinta pengatas namaan..

Jika kita mendambakan kebahagiaan orang lain, maka kamu akan mendapati kebahagiaan itu selalu menjadi milik orang lain. Kita umat Islam, carilah kebahagiaan didalamnya dan berbahagialah dengan Islam mu.

Berbahagialah dengan hal hal kecil, sebelum hal besar itu kau genggam ditanganmu ^_^

“…Seorang mukmin diberi pahala dalam segala hal walaupun dalam sesuap makanan yang diangkatnya ke mulut isterinya”. (Al-Hadits, riwayat Ahmad dan Abu Dawud)

Ada berjuta juta Alasan untuk berkata Alhamdulillah, bahkan melebihi batas batas angka. termasuk Alasan, kenapa kita dibangunkan kembali pagi ini.

Adikku✿ܓdewasalah…
Hal yang lebih bahaya dari kebodohan adalah ketika orang pintar merasa benar dan ‘membenarkan’ kebenarannya dengan ‘pembenaran pembenaran’, lalu orang bodoh disekitar ikut membenarkannya.

Islam✿ܓ ini sedang dipersimpang jalan saudaraku…
Lembutkan hatimu, saat hati mengeras kita akan sangat sulit menerima kebenaran yang sebenarnya.

Islam✿ܓini sedang dipersimpang jalan saudaraku…
Penuh duri duri yang tidak seluruhnya kita mengerti. Jalanan ini semakin bercabang… Jangan karena terbius ‘tsiqah’, kita melupakan kewajiban untuk ‘mencari ilmu’ dan meraih ridha-Nya,

Islam✿ܓini sedang dipersimpang jalan saudaraku…
Memang berat, dirimu bersungguh sungguh saat semua teman temanmu bercanda canda dalam kelalaliannya.
Jangan menyerah, jangan berkata sulit.

Jangan berkata sulit..
Saat bibirmu berkata “sulit” itu adalah kesimpulan dari apa yang kamu fikirkan,
Secara tidak disadari kata itu juga menjadi kesimpulan yang akan diterjemahkan aktifitas berfikirmu yang akan mempengaruhi aktifitas tubuhmu dan membebaninya, hingga kehidupanmu terasa berat dan benar benar menjadi sulit.

✿ܓTeruslah mencoba,
Kita memang tidak akan pernah bisa menjadi sempurna, tapi kita bisa mencobanya.
Senyum yang di ukir bibirmu pun adalah sebuah signal yang mengintruksikan pesan kepada tubuh bahwa dirimu baik baik saja, kemudian hatimu menjadi baik.

Tetaplah berharap✿ܓ..
Jika kamu ingin, kamu akan mencari.
Jika kamu mencari kamu akan menemukan.
Jika kamu menemukan, kamu akan ragu.
Jika kamu ragu, kamu akan bertanya.
Jika kamu bertanya, kamu akan mengerti.
Jika kamu mengerti kamu akan pahami.
Jika kamu telah paham kamu pasti akan ingin lebih paham lagi,
Saat itulah hidupmu benar benar hidup dan hidup dengan pengalaman pengalaman itu.

Because Islam Is Art.
This live is just Amazing✿ܓ..
Take a look deeply, this world are so colorful.
How beautiful it is, totally depend to how smart u paint on it. Than u’ll find, there is no single reason to complaint about, to His perfectness. Just open your heart and see. In the end of the day, u’ll realize there was a million millions reason to say Alhamdulillah.

Semoga dengan seizin Allah, rangkaian kata sederhana ini bisa menumbuhkan tunas tunas kebahagiaan dihati kita untuk senantiasa berbahagia dalam Al Islam kita

BERSAMBUNG KE SERI TERAKHIR ¨•♫ TUNAS TUNAS KEBAHAGIAAN |5| ✿ܓ

Diringkas dari renungan renungan fajar January – February 2011
Created on February 11, 2011 at 2:52am
Revised on July 25, 2011 at 13:37pm

Salam Bahagia,
NURUDDIN AL INDUNISSY – RIYADH 2011
www.facebook.com/Nuruddin.Al.Indunissy.OfficialPage