Menu Close

Ulat’pun Bertasbih Kepada Allah !

Nabi Daud Alahissalam sedang duduk dalam suraunya sambil membaca kitab az-Zabur, tiba tiba ia melihat seekor ulat merah dan beliau berkata pada dirinya; “Apa yang dikehendaki Allah dengan ulat ini?”

Segera setelah berkata begitu, maka Allah mengizinkan ulat merah itu berkata-kata, ulat merah itu berkata kepada Nabi Daud Alaihissalam:

“Wahai Nabi Allah! Allah Subhanahuwwataala telah mengilhamkan kepadaku untuk membaca ‘Subhanallahu walhamdulillahi wala ilaha illallahu wallahu akbar’ setiap hari sebanyak 1000 kali dan pada malamnya Allah mengilhamkan kepadaku supaya membaca ‘Allahumma solli ala Muhammadin annabiyyil ummiyyi wa ala alihi wa sohbihi wa sallim’ setiap malam sebanyak 1000 kali”.

Setelah ulat merah itu berkata demikian, maka dia pun bertanya kepada Nabi Daud A.S.:

“Apakah yang dapat kamu katakan kepadaku agar aku dapat faedah darimu?”

Nabi Daud terkejut dan menyadari akan kehilafannya karena memandang remeh akan ulat tersebut, dan beliau sangat takut kepada Allah, Nabi Daud A.S. pun bertaubat dan menyerah diri kepada Allah Subhanahuwwataala.

Subhanallah,. Ulat’pun Bertasbih Kepada Allah, Bahkan lebih banyak dari kita 🙂

Bagi kebanyakan manusia, biasanya meremehkan bahkan memaki ulat ini.
Kita mungkin pernah berkata “Untuk apa mahluk ini diciptakan di dunia ini? Prilakunya hanya memakan tanaman petani dan membuat yang menyentuhnya gatal gatal..”

Tidak ada satupun hal yang diciptakan Allah di dunia ini tanpa sebuah perencanaan yang sempurna, kita hanya belum tahu hikmah dan manfaat dibaliknya.

Ikhwahfillah.
Nabi Daud Alaihissalam juga dikaruniai suara yang sangat merdu.
Ketika mendengar Daud melagukan ayat kitab Zabur, Manusia dan Jin yang sakit menjadi sembuh, burung-burung terbang mendekat, angin menjadi tenang, gunung serta burung pun bertasbih kepada Allah Swt.

Daud dikaruniai beberapa mukjizat oleh Allah Swt. Ia diberi kemampuan untuk melunakkan besi dengan tangannya -tanpa api- lalu menenunnya menjadi baju zirah (Q.34:10-11). Daud juga dikaruniai ilmu pengetahuan dan kepandaian untuk menghakimi suatu perkara secara bijaksana (Q.38:18-20).

Nabi Daud a.s merupakan seorang nabi dan rasul dalam agama Islam. Beliau juga dikenali sebagai David dalam agama Yahudi dan Kristian. Beliau merupakan Raja kedua dan yang paling terkenal dalam kerajaan Israel. Nabi Daud menerima kitab Zabur.

Daud ialah nabi dan raja Bani Israel.
Semenjak masih muda telah menyertai tentera Bani Israil di bawah pimpinan Thalut melawan pasukan bangsa Palestin yang dipimpin Jalut (Goliath). Malahan Nabi Daud yang membunuh Jalut, sehingga dipuji sebagai pahlawan perang. Setelah Raja Thalut meninggal, Nabi Daud menggantikannya sebagai raja. Allah SWT mengangkat Daud sebagai nabi dan rasul-Nya. Kepadanyalah diturunkan kitab Zabur. Beliau memiliki sejumlah mukjizat, seperti suara yang merdu, kecerdasan akal, mengerti bahasa burung, dan melembutkan besi.

Nabi Daud adalah anak bungsu dari tiga belas bersaudara.
Ayahnya bernama Yisya. Ia adalah generasi ke-13 dari keturunan Nabi Ibrahim. Ia berasal dari keluarga Bani Israil. Mereka bermukim di Betlehem, yang kemudian menjadi kota kelahiran Nabi Isa a.s.

Ketika mulai dewasa, Daud dan dua kakaknya ikut berperang melawan pasukan Jalut dari Filistin (Palestina) yang menjajah Bani Israil. Karena berhasil mengalahkan Jalut, Daud dinikahkan oleh Raja Talut dengan Mikyal, putrinya. Mikyal sangat setia kepada Daud.

Raja Talut, yang sebelumnya berniat membunuh Daud, akhirnya meninggalkan mahkota kerajaannya. Daud dinobatkan menjadi raja Bani Israil ketika masih berusia di bawah 30 tahun. Ia kemudian menjadikan Baitulmakdis (Yerusalem) ibukota kerajaannya.

Ketika berusia 40 tahun, Daud menerima risalah kenabian. Allah Swt. memberinya kitab Zabur (Q.4:163; 17:55) dan beberapa mu’jizat. Nabi Daud a.s. memerintah Bani Israil selama sekitar 40 tahun dan dianugerahi usia 100 tahun 6 bulan.

Nabi Daud meninggal dalam usia 100 tahun dan dikebumikan di Baitul Muqaddis. Beliau digantikan puteranya Nabi Sulaiman yang kemudiannya menjadi nabi.

Sahabat,
Nama ulat ini juga dilukiskan dalam Al Qur’an dalam Surah Al Fiil ayat 5.

Semoga berkesan ^_^

Jadikanlah risalah risalah hikmah seperti ini dongeng sebelum tidur kepada adik adik atau anak anak kita, agar dikemudian hari tidak terjebak doktrin doktrin kepahlawanan dan tokoh tokoh orang orang kafir.

Rasulullah saw bersabda:
“Kebijaksanaan adalah tongkat yang hilang bagi seorang mukmin. Dia harus mengambilnya dari siapa saja yang didengarnya, tidak peduli dari sumber mana datangnya”. (HR. Ibnu Hibban)

Kita bahkan bisa belajar dari Ulat sekalipun.

Silahkan dishared untuk menyebarkan gema tafaqur dan syukur, dan meminimalisir keluhan keluhan yang tidak seharusnya kita lantunkan

Dibaca juga Tafakkur sebelumnya;
Semut’pun Bertasbih kepada Allah
http://www.facebook.com/note.php?note_id=302792344954

Baca juga;
Tausiyyah dari Lebah
http://www.facebook.com/note.php?note_id=299826544954

Ahukumfillah.
Nuruddin Al Indunissy,

1 thought on “Ulat’pun Bertasbih Kepada Allah !

  1. Al Mizan

    boleh di share di FB Al-Mizan Publishing ya :)<br />Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.