Definisi Tazkiyatun Nafs dari Al Qur’an dan Sunnah dengan mendalami artikulasi dan diksi bahasa Arab yang mendalam hingga kita bisa memahami makna Ruh, Jiwa dan Jasad serta pengaruhnya terhadap Nafs. Pada bagian 2 dan 3 dibahas solusi dan pencegahan serta pembersihan penyakit Jiwa/Nafs.

TAZKIYATUN NAFS (1)

Ringkasan Materi Bagian 1:
1. Setiap manusia memiliki dua sumber kehidupan yang penting yaitu ruh dan jasad.
2. Ruh berasal dari Allah yang maha suci, sehingga unsur-unsur yang dibawa oleh ruh selalu bersifat suci dan mengumpulkan banyak kebaikan (taqwa).
3. Adapun jasad, memiliki peran ikhtiar manusia dalam pembentukannya sehingga seringkali bercampur unsur kebaikan da keburukan didalamnya (fujur).
4. Ruh yang membawa sifat taqwa, bila telah menyatu dengan jasad yang memiliki sifat fujur akan berubah keadaannya menjadi nafs.
5. Nafs akan sangat berperan dalam menentukan sifat dan sikap seseorang baik ataupun buruk. Seorang akan bersifat baik bila takwanya dominan, namun bisa berprilaku buruk bila fujurnya dominan.
6. Cara untuk menekan sifat fujur agar sifat-sifat taqwa bisa muncul kepermukaan dan menghimpun banyak kebaikan disebut dengan Tazkiyyah. Dari sinilah lahir istilah Tazkiyatun Nafs.
7. Respon baik ataupun buruk yang diwujudkan dalam bentuk prilaku akan sangat bergantung pada berbagai informasi yang diterima oleh nafs dari berbagai organ tubuh terkait (mata, telinga, mulut, lidah dan kulit)

TAZKIYATUN NAFS (2)

TAZKIYATUN NAFS (3)

TAZKIYATUN NAFS (4)

Semoga Allah menganugerahkan taufiq dan hidayah untuk menyimak hingga faham materi tazkiyatun nafs dari ustadz Adi Hidayat LC, MA ini. Semoga Allah menganugerahkan taufiq dan hidayah untuk menyimak hingga faham materi tazkiyatun nafs dari ustadz Adi Hidayat LC, MA ini. Sebagai jalan untuk memahami penyakit dan menemukan kesembuhannya. Diri kita, atau pasien kita.

Baarokallahufiikum